Superman Logo 3

Senin, 24 Februari 2014

PIDATO



MENGATASI PERKEMBANGAN LAJU TEKNOLOGI

Assalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh,
Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.

Yang terhormat Kepala SMP Negeri 1 Sidoarjo beserta dewan guru, dan teman-teman yang saya sayangi. Puji syukur atas limpahan rahmat Tuhan YME sehingga kita dapat berkumpul dengan keadaan sehat tanpa kekurangan apapun. Perkenalkan nama saya Adi Pudjianto dari kelas 94. Saya akan menyampaikan pidato dengan tema “Mengantisipasi Perkembangan Laju Teknologi”

Kata teknologi tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Pada era globalisasi saat ini, teknologi sangat berperan dalam memudahkan kita melakukan pekerjaan apapun, sebagai contoh seorang pekerja kantoran yang membutuhkan komputer untuk menunjang pekerjaannya. Di sisi lain, teknologi juga sudah menjadi hal pokok dalam kehidupan kita, sehingga hal itu membuat suatu ketergantungan antara manusia dengan teknologi tersebut. Contohnya, pekerja kantoran tadi. Ia pasti tidak akan bisa melaksanakan tugasnya tanpa adanya komputer.

Teknologi dan globalisasi adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Keduanya memiliki keterkaitan antara satu dengan yang lain. Tanpa teknologi, tidak akan ada yang namanya globalisasi, dan globalisasi tersebut merupakan akibat dari adanya perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi tidak dapat kita cegah dan hentikan, dikarenakan peningkatan sumber daya manusia modern yang sudah mahir merancang dan menemukan inovasi teknologi yang beragam untuk kemudahan hidup. Namun, perkembangan laju teknologi dapat kita atasi dan kendalikan dengan cara bersikap cerdas dan bijaksana dalam menyeleksi perkembangan teknologi yang ada. Bersikap cerdas berarti kita mampu berpikir jauh ke depan mengenai teknologi apa yang hendak kita gunakan, jangan sampai teknologi tersebut hanya dipakai sementara waktu saja. Hal itu tentunya tidak efektif dan membutuhkan biaya banyak untuk beralih ke teknologi lainnya. Bersikap bijaksana artinya kita bisa menentukan mana teknologi yang membawa dampak positif lebih untuk hidup kita. Selain itu, teknologi yang kita pilih hendaknya sesuai dengan kebutuhan dan kebudayaan kita.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Marilah kita sebagai manusia modern mampu bersikap cerdas dan bijak dalam mengatasi perkembangan laju teknologi. Mohon maaf atas kesalahan saya dalam bertutur kata dan semoga pidato ini bermanfaat. Terima kasih.

Selamat pagi.
Wassalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar